A note to my self

Aku selalu yakin, setiap orang memiliki start yang berbeda-beda. Untuk itu, aku harus berhenti membandingkan diri ini dengan orang lain. Tapi, menurutku tidak salah juga kita melihat pencapaian orang lain sebagai sebuah motivasi. Bukan untuk alat komparasi, tapi untuk membangkitkan semangat diri.

Langkah setiap orang juga berbeda-beda. Jika aku ingin menyamakan langkahku dengan langkah orang lain, aku hanya akan mendapatkan rasa lelah. Terlebih lagi jika ternyata langkahku tertinggal jauh di belakang.

Aku hanya perlu berjalan sesuai kecepatan langkahku sendiri. Melangkah pelan namun pasti. Aku tahu tidak mudah memang, terkadang, di tengah perjalanan, sering kali kita menemukan kerikil-kerikil tajam. Ada banyak rintangan dan hambatan. Tapi yakinlah, di depan sana, ada sesuatu yang indah sedang menunggu kita.

Tapi, ini lagi-lagi tidak melulu soal hasilnya, jika di depan sana justru yang kita temukan tak seindah harapan kita, tentu akan membuat kita berkecil hati bukan?

Maka dari itu, menurutku hal terpentingnya adalah bagaimana kita menikmati proses-proses itu. Proses kita di perjalanan menuju sesuatu yang akan kita capai. Bagaimana kita mampu memeluk rasa sakit itu. Dari sanalah kita akan belajar hal yang akan menguatkan kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku: Si Anak Kuat Karya Tere Liye

Review Buku: Novel RINDU Karya Tere Liye

Review Buku: Kamu Berhak Bahagia - Chatreen Moko