Resensi Novel: Selena dan Nebula Karya Tere Liye


"Tentang Persahabatan, Petualangan, dan Pengkhianatan"

SELENA dan NEBULA. Novel ke-8 dan ke-9 dari Serial Bumi ini akhirnya terbit pada pertengahan Maret kemarin! Sebenarnya saya sudah menunggu sejak bulan September 2019, ketika tim Tere Liye membuat announcement di instagram bahwasannya novel Selena dan Nebula (unedited version) sudah terbit dalam bentuk e-book yang bisa dibeli lewat Google Play Store. Excited banget waktu itu, tapi saya menunggu yang versi bukunya saja, hehehe.

Awalnya, saya mengira petualangan Raib, Seli, dan Ali akan berhenti di novel Komet Minor, karena Si Tanpa Mahkota sudah berhasil dikalahkan. Namun, ternyata ada novel selanjutnya setelah Komet Minor! Hal itu lah yang membuat saya semakin excited menunggunya 😄

Namun, di kedua novel ini tidak menceritakan petualangan Raib dan sahabat-sahabatnya, tetapi mengisahkan tentang masa lalu Miss Keriting (Miss Selena), petualangannya ke Klan Nebula, dan juga asal usul orang tua Raib. Akan ada karakter baru dan tempat-tempat baru.

Nah, di novel-novel sebelumnya Tamus pernah berkata bahwa Miss Selena punya masa lalu yang kelam, pernah melakukan suatu kejahatan dan pernah menjadi anak buahnya Tamus. Saya penasaran, sebenarnya ada hubungan apa antara Tamus dan Miss Selena? Ternyata hal itu terjawab di novel Selena ini! Saya senang karena akhirnya Miss Selena memiliki ceritanya sendiri di satu novel.

Saya membeli kedua novel ini dengan sistem Pre-Order, yaitu sebelum buku ini terbit di toko buku Gramedia pada tanggal 16 Maret 2020, karena benar-benar nggak sabaran ingin segera baca novelnya, hehehe. Saya menyelesaikan membaca novel ini hanya dalam beberapa hari saja, dan sekarang saya akan menyajikan resensi novel Selena terlebih dahulu :)

Selamat membaca!


Keterangan Buku

Judul: Selena
Penulis: Tere Liye
Co-author: Diena Yashinta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Cetakan I, 2020
Cover: Orkha Creative
ISBN: 9786020639512
Digital ISBN: 9786020639529
Jumlah Halaman: 368 halaman
Dimensi Buku: 20 cm

Sinopsis

SELENA dan NEBULA adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orang tua Raib dalam serial petualangan dunia paralel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan.
Kedua buku ini juga bercerita tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan itu berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egoisme, dan pengkhianatan.
Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia paralel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia paralel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya.
Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran.

***
Ringkasan Isi Cerita

Episode awal novel ini dimulai dari kisah masa kecilnya Selena. Di situ dijelaskan bahwa Selena lahir di Distrik Sabit Enam, dua ratus kilo meter utara Kota Tishri, Klan Bulan. Sebenarnya agak sedih membaca bagian ini, karena ternyata Miss Selena mempunyai masa kecil yang pahit, hiks.

Selena sudah menjadi yatim piatu sejak kecil. Ayahnya meninggal saat usianya empat belas tahun. Ia mengidap penyakit bawaan sejak kecil. Karena tidak memiliki biaya yang cukup, Ayah Selena tidak dapat berobat ke tempat yang lebih baik, seperti ke Pusat Pengobatan Mutakhir Kota Tishri. Sehingga setelah beberapa bulan melawan penyakitnya, Ayah Selena meninggal dunia. Tak lama setelah itu, Ibu Selena juga meninggal dunia.

Selena memutuskan untuk pergi ke Ibu Kota, menuju ke rumah pamannya yang bernama Paman Raf. Usia Selena saat itu lima belas tahun, dan ia sempurna menjadi yatim piatu. Hari itu lah petualangan Selena dimulai di dunia paralel, tentunya sebagai pengintai terbaik.

***

Selena menuju ke Kota Tishri menggunakan kereta terbang, kendaraan yang dipakai warga Klan Bulan untuk pergi dari satu daerah ke daerah lainnya. Kereta terbang ini tentu memiliki teknologi yang sangat canggih. "Warnanya perak dengan garis-garis keemasan, bentuknya seperti peluru. Ada empat puluh gerbong. Panjang sekali keretanya. Rutenya hingga titik paling ujung sebelah utara Klan Bulan." (halaman 8)

Bagi kalian yang mengikuti Serial Bumi, pasti juga tahu bahwa tempat tinggal Klan Bulan itu dibagi menjadi dua bagian, satu di perut bumi dan satu bagian lagi di permukaan, dimana rumahnya berbentuk seperti balon di atas tiang-tiang tinggi. Bagian perut bumi untuk kelas menengah bawah, pekerja kasar, dan penduduk biasa. Sedangkan di bagian permukaan untuk orang-orang kelas atas. Namun, walaupun berada di perut bumi, di sana kehidupannya lebih ramai dan lebih hidup.

Singkat cerita, akhirnya Selena sampai di rumah Paman Raf yang berada di Blok E64, Sub-Distrik TSAR, Distrik Kota Tishri. Paman Raf memiliki seorang istri yang Selena panggil sebagai Bibi Leh. Paman Raf juga mempunyai lima orang anak yang bernama Am, Em, Im, Om, dan Um. Nama-nama yang lucu, bukan? Hehehe. Tapi jangan heran, karena di Klan Bulan nama mereka hanya 2-3 huruf saja. Paman Raf sampai berpikir bahwa nama Selena sangat aneh, karena tidak biasanya nama warga Klan Bulan sepanjang itu.

Baca juga: Review Novel BUMI - Tere Liye

Oh iya, ada hal menarik lainnya. Kelima sepupu Selena itu suka menonton pertandingan sepak bola. Nama klub sepak bola tersebut adalah PAR-SIB dan PAR-SIJA (namanya mirip dengan klub sepak bola di Indonesia kan? Hehehe)

Selena bekerja di lokasi konstruksi yang digarap kleh pamannya. Karena Selena mempunyai mata yang tajam dan daya ingat yang kuat, ia sedikit membantu permasalahan yang terjadi di lokasi konstruksi. Karena kemampuannya itu, ia pun naik pangkat. Ia tetap disuruh mengangkat bebatuan, namun mendapat tanggung jawab baru, yaitu membaca peta konstruksi. Ia juga lebih sering menjadi asisten Aq dan mempelajari banyak hal baru. Aq juga mengajari Selena menggunakan tablet tipis yang berisi latihan soal. Dari sini lah awal mula Selena jatuh cinta pada pelajaran berhitung.

"Aku menyukai pelajaran ini pada detik pertama belajar, jatuh cinta pada pandangan pertama—selain menyukai teknik berdentum, menghilang, dan tameng transparan. Di masa depan nanti, aku bahkan tidak menyangka akan menjadi guru di Klan Bumi, klan makhluk rendah. Di sana mereka menyebut pelajaran berhitung dengan istilah Matematika. Murid-muridku akan memanggilku Miss Selena. Satu dua memanggilku dengan panggilan spesial: "Miss Keriting". Aku tidak keberatan. Dan tiga diantara mereka adalah murid terbaik yang beruntung sekali pernah dimiliki seorang guru di seluruh dunia paralel. Mereka bertiga adalah Raib, Seli, dan si genius Ali." (halaman 51)

***

Selena tertarik untuk masuk ke Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT), sekolah terbaik di Klan Bulan. Walaupun awalnya Selena tidak lolos masuk ke kampus tersebut, dengan bantuan seseorang yang memiliki kekuatan yang kuat, ia akhirnya bisa diterima di kampus tersebut. Orang yang membantu Selena adalah Tamus. Tentu bantuan itu tidak gratis, Selena disuruh menemukan teka-teki yang diberikan oleh Tamus, yang sebenarnya hal ini adalah hal yang jahat. Sebuah misi yang berbahaya. Namun Selena tidak tahu sehingga ia menuruti perintah Tamus. Dengan bantuannya, Selena pun diterima di ABTT.

Kampus ABTT berada di Distrik Lembah Gajah. Kampus dengan fasilitas lengkap dan dosen-dosen terbaik. Ada banyak bangunan modern di sana, laboratorium, ruang kelas, ruang dosen, ruang latihan,  perpustakaan, kantin, dan asrama.  Gerbang kampus ABTT berbentuk tongkat khas milik Klan Bulan di bagian kiri dan kanannya. (Bisa di bayangkan kan betapa megah dan modern-nya ABTT ini😍)

Oh iya, ada filosofinya loh kenapa kampus ABTT didirikan di Distrik Lembah Gajah. Penjelasannya akan kalian temukan di novel Nebula. Hal ini lah yang saya suka dari karya Tere Liye, walaupun novel ini bergenre fantasi, tetapi tetap diselipkan beberapa ilmu pengetahuan :)


***


Oh iya, pada saat kegiatan inaugurasi (ospek), Selena menerobos masuk dan membuat kekacauan. Di sini sebenarnya ia ingin menunjukkan kemampuannya agar diterima di ABTT. Mata dan Tazk pun membantu Selena melawan kakak tingkatnya. Dari sini lah awal mula Selena berkenalan dengan Mata dan Tazk.

Mata berasal dari Distrik Sungai-Sungai Jauh. Distrik yang sangat indah. "Indah tiada terkira. Entahlah, ada berapa ribu sungainya. Saling silang, berkelindan. Ada sungai berair kuning, hijau, biru, bening. Bahkan ada sungai di atas sungai. Juga sungai di dalam sungai. Menakjubkan." (halaman 100)
Dari membayangkannya saja sudah begitu indah bukan? Hehehe. Oh iya, sesuai namanya, Mata memiliki mata yang begitu indah, loh.

Selanjutnya ada Tazk. Ia juga salah satu mahasiswa baru kampus ABTT. Yang menarik adalah Tazk ini mantan anggota boyband terkenal di Kota Tishri. Ia juga merupakan cucu dari mantan panglima Pasukan Bayangan. Kelak, Selena, Mata, dan Tazk akan menjalin persahabatan. Mereka selalu bertiga ketika di kampus. Selena juga satu kamar dengan Mata di asrama. Hal ini membuat mereka jadi semakin dekat.

Kemudian ada Master Ox, ia adalah pemimpin kampus ABTT. Ada hal menarik dari Master Ox. Ia sering sekali mengatakan, "Bulan Sabit Gompal!" Hehehe. Master Ox merupakan alumni ABTT. Teknik bertarungnya juga luar biasa.

Selain Mata dan Tazk, ada juga tokoh lain yang berperan sebagai teman kampusnya, yaitu Boh dan Ev yang melengkapi kisah kehidupan Selena di kampus ABTT.

***

Kehidupan di kampus ABTT sebenarnya sama dengan kampus-kampus pada umumnya. Ada kegiatan inaugurasi (ospek), belajar di ruangan yang dibimbing oleh dosen, belajar perpustakaan, makan di kantin, dan lain sebagainya. Hanya saja teknologi di Klan Bulan tentu lebih canggih. Selain itu, ada pakaian khusus mahasiswa ABTT, yaitu jubah hitam garis abu-abu (mungkin kalau di sini seperti Almamater ya, hehe)

Selain itu, kartu mahasiswanya berbentuk kartu hologram. Di situ terdapat informasi yang bisa di akses mahasiswa (mulai dari jadwal kuliah, lokasi ruangan, dan lainnya). 

Saya juga suka nama-nama mata kuliahnya, karena begitu menarik, seperti:

1. Sejarah dan Catatan Lama
2. Bilangan, Struktur, Ruang, dan Perubahan
3. Bahasa-Bahasa Klan Bulan
4. Malam dan Misterinya
5. Hewan, Tumbuhan, dan Bukan Keduanya
6. Teknologi dan Rekayasa
7. Kimia dan Keindahan di Dalamnya
8. Non-Gaib
9. Memahami Masalah Sosial Dengan Ilmu Sosial
10. Teknik Bertarung

Mata kuliah tambahan seperti:

1. Bahasa-Bahasa Kuno
2. Seni dan Kepemimpinan
3. Tim dan Organisasi

Hari khusus di kampus:
Aku Cinta Perpustakaan

Keren, ternyata di kampus ABTT ada hari dimana mahasiswanya diwajibkan untuk mengunjungi perpustakaan. Mereka bisa membaca buku-buku atau pun menulis esai.

"Itu bukan mata kuliah, tapi seluruh mahasiswa wajib mengikutinya.  Aku termangu saat membaca informasi itu pertama kali dari kartu hologram ku. Ini sungguhan? Aku suka perpustakaan, aku sangat menyukainya. Masalahnya, kegiatan ini mewajibkan mahasiswanya membuat esai atas buku-buku yang dibacanya." (halaman 141)

Wah, coba hal ini juga diterapkan di setiap sekolah dan kampus-kampus di Indonesia, pasti minat baca atau minat literasi kita akan semakin tinggi! :)

Saya merangkum nama-nama  mata kuliah di ABTT beserta nama dosennya, berikut hasilnya:



***

Oh iya, seperti pada kampus-kampus umumnya, di ABTT juga ada kartu hasil studi yang menampilkan IPK mereka loh 😄 ini adalah salah satu contoh KHS milik Selena. Saya mendapatkan foto ini dari instagram @tereliyewriter.


Menarik sekali bukan? 😁 Persis seperti KHS yang kita miliki, hehehe. Ternyata KHS kampus ABTT seperti itu jika diilustrasikan.
Di sini saya juga membuat ilustrasi KHS milik Mata dan Tazk. Data ini diambil dari halaman 188-189. Selena, Mata, dan Tazk termasuk mahasiswa yang berprestasi karena nilai-nilai mereka sangat memuaskan. Di setiap semesternya terdapat sembilan mata kuliah wajib dan satu mata kuliah pilihan.

Berikut KHS Mata yang sudah saya ilustrasikan:


Dan ini KHS Tazk yang saya ilustrasikan:


***

Selena menyukai mata kuliah "Malam dan Misterinya", hal yang menarik adalah dia satu-satunya mahasiswa yang berhasil menemukan lokasi kuliahnya. Di mata kuliah ini Selena akan belajar menjadi seorang pengintai yang hebat.

Adegan yang saya sukai adalah ketika Selena, Mata, dan Tazk mengikuti mata kuliah Teknik Bertarung. Mereka akan berada di Gedung Kotak Hitam melawan robot-robot yang sudah disediakan. Tujuannya adalah untuk mengasah teknik bertarung mereka. Ada robot R-001, R,-013, R-013-A, dan R-013-B. Dimana masing-masing robot memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Selena, Mata, dan Tazk harus mengalahkan satu robot untuk naik ke level berikutnya. Di level berikutnya, robot yang disediakan juga lebih kuat lagi.

***
Oh iya, di novel Selena ini kalian akan bertemu lagi dengan Av. Seorang Kepala Perpustakaan Sentral. Bagi kalian yang mengikuti Serial Bumi dari awal tentu tidak akam asing dengan Av. Selena bertemu Av saat ingin menerobos ke Bagian Terlarang. Walaupun begitu, Av tetap memperlakukan Selena dengan baik. "Itulah kali pertamaku bertemu Av. Kepala Perpustakaan Sentral yang bijaksana. Dia memiliki teknik amat langka, teknik penyembuhan. Dan dia jelas memiliki sesuatu yang lebih langka lagi di duniaku kelak: respek dan persahabatan." (halaman 229)

Baca juga: Review Novel Bulan - Tere Liye

Sebenarnya, Selena nekat menerobos Bagian Terlarang Perpustakaan Sentral karena disuruh oleh Tamus. Tamus memberikan sebuah misi yang sebenarnya sangat berbahaya. Bahkan untuk melengkapi misinya, Tamus menyuruh Selena untuk mencuri alat milik dosen-dosennya. "Dosen sejarahmu menyimpan alat penerjemah unik di ruangan kerjanya. Dosen bahasamu menyimpan pohon bahasa dunia paralel. Salah satu akar bahasa kuno itu bisa menjadi petunjuk awal. Dan nenek tua penjaga kantin adalah pengintai berpengalaman. Curi informasi berharga darinya..." (halaman 260) Duh, bener-bener jahat banget ya, Tamus! 😭 Dia memanfaatkan kelemahan Selena untuk membantu memenuhi misi jahatnya.

Sebenarnya misi apakah itu? Sanggupkah Selena menyelesaikan misinya? Apa saja hal nekat lainnya yang dilakukan Selena untuk mencapai misinya? Dan bagaimana kelanjutan kehidupan Selana di kampus ABTT? Temukan jawabannya di novel Selena ini ya! Kalian akan menemukan banyak kejutan dan hal-hal tak terduga lainnya.

***


Yang menarik dari novel Selena:

1. Jika membaca kisah Selena dan sahabatnya ini, saya jadi teringat persahabatan Raib, Seli, dan Ali. Kesamaannya adalah mereka terdiri dari dua orang perempuan, dan satu orang laki-laki. Kemudian Selena sering sekali bertengkar atau saling mengejek Tazk. Hal ini seperti kelakuan Raib dan Ali, hehehe.  Selain itu, Tazk juga orang yang jenius atau pintar, sama seperti Ali. Tazk memiliki jiwa memimpin yang baik. Setiap melakukan latihan Teknik Bertarung, ia akan memimpin formasi. Hal ini sangat penting, karena selain jago bertarung, mereka juga harus kompak.

2. Mata uang di Klan Bulan bukan Rupiah, Dollar, atau pun Euro. Tetapi Kredit! Wah, unik sekali ya 😂

3. Nama-nama di Klan Bulan hanya 2-3 huruf saja, salah satu contohnya nama para sepupu Selena, yaitu Am, Em, Im, Om, dan Um. Sebenarnya tidak hanya di Klan Bulan yang namanya unik-unik. Di klan lain juga begitu. Seperti di Klan Bintang, nama mereka simetris. Di Klan Matahari, nama mereka tiga suku kata dengan rima. Emang nggak pernah kehabisan ide nih Tere Liye 😄

4. Jubah dan Kartu Hologram, yang jika kita samakan dengan di Klan Bumi, kita akan menyebutnya Alamamater dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), hehehe

5. Yang membuat saya kaget, buku atau pun modul kuliah di ABTT sangat tebal. Sampai 19.800 halaman! Waduh, saya kalau disuruh baca modul setebal itu mungkin bakal ketiduran 😂

6. Di Klan Bulan, juga ada pertandingan sepak bola. Bedanya, di Klan Bulan pertandingannya bola terbang. Nama grupnya juga mirip dengan grup sepak bola di Indonesia, loh! Jika di Indonesia namanya Persija dan Persib, maka di Klan Bulan namanya PAR-SIJA dan PAR-SIB. Bisa aja nih Tere Liye! 😅

7. Nama-nama mata kuliah di kampus ABTT juga unik menurut saya, dan setiap mata kuliahnya mempunyai keunikan dan daya tariknya masing-masing!

8. Ternyata, di Klan Bulan tepatnya di kampus ABTT juga ada senioritas. Hmm, nggak cuma di Klan Bumi, di sana ternyata masih ada senioritas ya, dimana kakak tingkat atau kakak kelas merasa berkuasa dan sangat ingin dihormati.

9. Di Klan Bulan, ternyata juga ada boy band, loh! Hehehe ketika membaca ini saya jadi tertawa, kirain hanya di Korea Selatan saja yang terkenal akan boy band-nya, ternyata di Klan Bulan juga ada😄 Salah satu boy band terkenalnya yaitu ECHO,  grup boy band yang dulu juga diikuti oleh Tazk!

10. Selain nama warganya yang unik, nama-nama tempat atau nama kota di Klan Bulan juga unik menurut saya, seperti: Distrik Sungai-Sungai Jauh, Distrik Sabit Enam, Distrik Lembah Gajah, Distrik Padang Berkabut, Distrik Pulau Terpencil, Distrik Panah Emas, dan Distrik Busur Melengkung.

***

Beberapa teknologi canggih yang ada di novel Selena:

1. Kartu hologram, adalah kartu mahasiswa ABTT yang dilengkapi teknologi canggih. "Kartu hologram itu sekaligus kartu akses ke kelas, kantin, laboratorium, dan semua gedung yang bisa dimasuki mahasiswa baru. Di dalamnya juga ada jadwal mata kuliah, bahan kuliah, nilai-nilaimu, pemberitahuan, pengumuman, dan semua informasi yang dibutuhkan." (halaman 108)

Keren sekali bukan? 😍 Andai di sini juga ada teknologi kartu hologram seperti itu, pasti sangat keren! Hehehe.

2. D-210579, adalah sebuah drone yang memastikan dan mengawasi Selena, Mata, dan Tazk ketika mendapat hukuman.

3. D-100, drone yang mengawasi Selena, Mata, dan Tazk saat menjalani kuliah Teknik Bertarung.

4. R-001, adalah robot yang digunakan untuk melatih teknik bertarung.

5. Ngeleputur, ia bukan hewan atau pun tumbuhan, ia masuk golongan bukan keduanya. Ngeleputur juga akan muncul di novel Nebula.

6. R-013-A dan R-013-B, adalah robot untuk bertarung melawan Selena, Mata, Tazk dalam mata kuliah Teknik Bertarung.

7. Tiga Robot R-013, adalah robot untuk bertarung melawan Selena, Mata, Tazk dalam mata kuliah Teknik Bertarung.

8. Alat penerjemah milik Stor

9. Pohon Bahasa berbentuk file digital milik Miss Ling

10. Database gambar kuno milik Bibi Gill

***

Moral value atau nilai moral yang dapat kita ambil dari novel ini:

1. Saling membantu satu sama lain. Hal ini terdapat di awal episode. Ketika Ibu Selena meninggal dunia, para tetangga Selena di Distrik Sabit Enam saling mengumpulkan uang untuk membantu Selena (seperti uang bela sungkawa)

2. Tidak berkecil hati ketika direndahkan seseorang. Seperti cerita Selena ketika ia selalu diolok-olok oleh temannya karena badannya yang kurus, ringkih, memiliki rambut keriting, dan tidak memiliki kekuatan bertarung (Teknik Klan Bulan). Di sini Ayah dan Ibu Selena juga selalu membesarkan hati Selena dan menyemangatinya. "Kamu memiliki mata yang tajam, Selena. Jangan berkecil hati jika teman-teman mengolokmu." (halaman 8)

3. Memiliki tekad yang besar, seperti ketika Selena ditolak masuk ABTT. Hanya karena satu seleksi yang membuat ia tidak lolos, ia tidak menyerah begitu saja. Ia tetap memiliki tekad untuk tetap masuk ke ABTT. Ia yakin pasti bisa masuk ke kampus impiannya itu.

4. Semangat belajar yang tinggi. Walaupun sebelumnya Selena tidak mengikuti sekolah formal, ia tetap mau belajar ilmu pengetahuan secara otodidak. Walaupun harus belajar secara mandiri, hal itu tidak mematahkan semangat Selena menggapai ilmu pengetahuan.

5. Berbagi ilmu atau mengajari teman yang kesulitan dalam suatu pelajaran. Hal ini dilakukan oleh Tazk ketika ia membantu Selena mempelajari dan mengerjakan tugas "Memahami Masalah Sosial Dengan Ilmu Sosial."

6. Tidak boleh berburuk sangka. Awalnya, Selena mengira bahwa Tazk akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan IPK 4.0, ia merasa bahwa Tazk menganggap dirinya saingan di kampus. Ternyata salah. Tazk tidak pernah berpikir seperti itu (duh, Tazk baik banget ya 😭)
"Kamu bukan sainganku, Selena. Maksudku, aku tidak pernah sedetik pun menganggapmu saingan. Kamu adalah teman, sahabat baikku, sama seperti Mata." (halaman 283)

7. Persahabatan yang begitu hangat dan kompak. Di novel ini, Selena, Mata, dan Tazk menjalin persahabatan yang baik. Mereka begitu dekat, kemana pun perginya mereka akan selalu bertiga. Apalagi ketika berlatih Teknik Bertarung, mereka akan sangat kompak sekali menjaga formasi. Mata juga sudah menganggap Selena seperti saudaranya sendiri. "Kamu lebih dari seorang sahabat... Kamu keluarga baruku. Menyenangkan rasanya bisa memiliki saudara perempuan." (halaman 320)


***

Kelebihan dari novel Selena:

1. Cover, menurut saya cover yang dibuat oleh Orkha Creative ini terlihat elegan. Sama seperti cover untuk novel-novel sebelumnya di Serial Bumi. Pemilihan warnanya juga bagus, warna hijau tosca dan saya sangat suka, hehehe. Dan juga jika kalian memperhatikan cover setiap novel di Serial Bumi, gambar-gambar yang ada di cover merupakan tema cerita di novel tersebut.

Seperti di novel Selena, ada gambar buku (karena Selena suka membaca buku dan tempat favoritnya untuk membaca adalah Perpustakaan Sentral, kemudian ada kereta terbang (kendaraan Klan Bulan), ada perkamen tua (benda yang diincar oleh Tamus), ada kampus ABTT, dan ada gambar pintu (dimana sangat indentik dengan seorang pengintai. Ia harus bisa membuka gembok yang ada di sebuah pintu, tentunya dengan keahlian seorang pengintai yang hebat)


Sebelum Novel Selena ini terbit, tim Tere Liye membuat voting untuk cover Selena di instagram @tereliyewriter, dan yang terpilih adalah cover nomor 2 💚


2. Kerangka penulisan, novel ini mempunyai sistematika penulisan yang baik. Setiap episode atau babnya tersusun rapi sehingga pembaca mudah mengikuti alurnya.

3. Isi cerita, tentu saja Tere Liye dan co-author-nya selalu menyajikan cerita-cerita yang luar biasa. Konsep dan jalan ceritanya sangat bagus, di setiap kisahnya ada kejutan tersendiri. Hal ini lah yang membuat saya penasaran dengan kisah selanjutnya.

4. Co-author, salut banget sama setiap co-author-nya Tere Liye! Gaya bahasa dan cara menyampaikan ceritanya mirip sekali dengan Tere Liye. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas dan skill dari setiap co-author-nya sangat luar biasa💚

5. Terselip ilmu pengetahuan, walaupun ini adalah novel fantasy, penulis tetap menyisipkan beberapa ilmu pengetahuan. Ini lah yang saya suka dari setiap novel karya Tere Liye :)

Contohnya saat mata kuliah "Kimia dan Keindahan di Dalamnya" bersama Prof. Chem.

"Matamu tajam, Selena. Dan kamu pandai, saat temanmu sibuk membuat cairan anti-lempengan, mencoba berbagai macam reaksi, kamu sebaliknya, fokus mempelajari lempengan ini, mencari kelemahannya. Ternyata sederhana sekali solusinya, bukan? Hanya air biasa. Itulah kimia sejatinya. Apakah kamu sekarang melihat keindahan di dalamnya?" (halaman 172-173)

Kemudian pada saat mata kuliah "Hewan, Tumbuhan, dan Bukan Keduanya" bersama Flo dan Flau.

"Semua makhluk hidup membutuhkan energi. Entah itu hewan, tumbuhan, dan bukan keduanya. Hewan, mereka berburu mangsa, menjadikannya sumber energi. Tumbuhan mereka melakukan fotosintesis. Melakukan proses biokimia membentuk karbohidrat dari bahan anorganik. Tumbuhan melakukan proses tersebut lewat daun yang mengandung klorifil." (halaman 234)

6. Terdapat nama-nama yang tidak asing, seperti: Ter-E Liy-E, PAR-SIJA, PAR-SIB. Emang bisa aja nih penulisnya! Hehehe

7. Novel ini cocok dibaca untuk semua kalangan, karena cerita yang disajikan begitu seru, penggunaan bahasanya juga mudah dipahami oleh semua orang. Jika kalian menyikai Film Harry Potter, maka Serial Bumi mirip sekali dengan film tersebut! Kebayang kan serunya? Hehehe

***

Tokoh Utama

1. Selena, lahir di Distrik Sabit Enam. Saat usianya 15 tahun, badannya begitu kurus, kecil, dan ringkih. Rambutnya keriting dan kulitnya gelap. Sering menjadi bahan olok-olok temannya. Namun, Selena memiliki kemampuan yang unik. Ia dapat merekam sesuatu hanya dengan sekali lihat. Ia memiliki bakat menjadi pengintai yang hebat.

"Kamu memiliki mata yang tajam, Selena. Jangan bersedih hati jika teman-teman mengolokmu." (halaman 8)
"Iulah kelebihanmu, Selena." "Kamu memang tidak pandai menghilang atau menguasai teknik Klan Bulan lainnya, tapi matamu setajam elang Pegunungan Berkabut. Ingatanmu sekuat gurat air di sungai-sungai jauh. Kamu punya bakat hebat." (halaman 9)

2. Mata, berasal dari Distrik Sungai-Sungai Jauh. Ia memiliki rambut yang lurus panjang. Matanya begitu indah. Bola matanya berwarna hijau. Sifatnya ramah, dan menyenangkan. Hobi Mata adalah membaca novel, dan novel yang ia sukai ditulis oleh seorang penulis bernama Ter-E Liy-E. Mirip kan sama penulis terkenal dan berbakat dari Indonesia? Hehehe. Ternyata  karya Tere Liye tidak hanya digemari di Klak Bumi tetapi juga di Klan Bulan 😄

Mata kuliah favorit Mata adalah Bahasa-Bahasa Kuno, dan ia murid terpandai di bidang itu. Mata adalah Putri Bulan. Seseorang yang memiliki darah keturunan murni. Ia memiliki cita-cita bertualang ke tempat-tempat baru, ia ingin melihat dunia, dan menemukan tempat-tempat asing yang belum pernah ia kunjungi.
"Aku percaya dunia ini tidak sesederhana yang kita lihat. Mungkin di luar sana ada banyak dunia. Kita saja yang belum tahu." (halaman 156)

3. Tazk, mantan anggota boyband sekaligus cucu mantan panglima pasukan bayangan. Badannya tinggi, wajahnya tampan. Rahangnya kokoh. Hidungnya mancung dan wajahnya bersih. Ia juga sangat cerdas. suka membantu mahasiswa lain yang kesulitan. Tidak pelit ilmu. Ia berasal dari Kota Tishri. Tazk juga memiliki jiwa kepemimpinan. Ketika berlatih bertarung bersama Selena dan Mata, maka ia lah yang mengatur dan memimpin formasi dengan baik.

Tokoh Lainnya

1. Tamus
2. Boh
3. Ev
4. Master Ox
5. Bibi Gill
6. Paman Raf
7. Bibi Leh
8. Am, Em, Im, Om, Um (sepupu Selena)
9. Aq
10. Bow
11. Av
12. Ayah dan Ibu Selena
13. Togar (tetangga Selena)
14. Dosen-dosen ABTT (Stor, Miss Ling, Flo dan Flau, Prof. Chem, Ibu Tau)
15. Pekerja Konstruksi
16. Raib, Seli, Ali (namun porsi mereka sangat sedikit)

***

Beberapa kalimat yang saya sukai dari novel ini:

1. "Walaupun kamu tidak pandai menghilang, atau menguasai teknik Klan Bulan lainnya, tapi matamu setajam elang Pegunungan Berkabut. Ingatanmu sekuat gurat air di sunga-sungai jauh. Kamu punya bakat hebat." - Jem (halaman 8-9)

2. "Selena, sebenarnya hidup ini hanya soal sudut pandang. Digeser sedikit saja cara kita memandangnya, kita bisa mengubah sesuatu yang menyebalkan menjadi sesuatu yang berbeda." - Jem (halaman 45-46)

3. "Masa depan dipahat lewat masa lalu, hari ini adalah cerminan hari-hari kemarin. Kita bisa belajar banyak hal dengan banyak membaca catatan-catatan lama. Misteri. Pengetahuan. Peradaban. Banyak sekali penjelasan yang bisa diberikan oleh sejarah. Mata kita mungkin bisa saja abai, tidak melihatnya, tapi sejarah bisa menjadi petunjuk terbaik." - Stor

4. "Apakah pukulan berdentum yang bisa mengubah dunia? Apakah tameng transparan yang menyelamatkan umat manusia? Teknik menghilang? Bukan. Itu hanya omong kosong. Matematika-lah yang melakukan semua itu. Pelajaran ini adalah ratu dari segala ilmu pengetahuan. Matematika-lah yang membawa peradaban Klan Bulan setingkat lebih maju setiap zamannya." - Tau

5. "Apakah teknik bertarung yang membuatmu bisa mengalahkan musuh? Itu benar. Tetapi petarung yang menguasai matematika dengan mudah akan mengalahkan petarung bodoh." - Tau

4. "Pengintai terbaik bukan hanya hebat menggunakan pancaindranya, Selena. Melainkan, dia juga hebat menggukan otaknya." - Bibi Gill (halaman 177)

5. "Kamu memiliki bakat besar seorang pengintai, dan kamu bersedia melakukan apa pun demi mencapai ambisimu. Semoga ini membawamu ke jalan kebaikan, bukan sebaliknya, karena seorang pengintai dekat sekali dengan jalan kegelapan." - Bibi Gill (halaman 180)

6. "Itulah kali pertamaku bertemu Av. Kepala Perpustakaan Sentral yang bijaksana. Dia memiliki teknik amat langka, teknik penyembuhan. Dan dia jelas memiliki sesuatu yang lebih langka lagi di duniaku kelak: respek dan persahabatan. " (halaman 229)

7. "Dunia kita dekat sekali dengan kegelapan. Maka saat gelap menyelimutimu, pastikan kamu tetap berusaha mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa kau percaya. Nurani. Cahaya kecil itu selalu ada di hatimu. Gunakanlah. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik." - Bibi Gill (halaman 339)

***

Resensi Novel Nebula - Tere Liye

Nebula. Merupakan novel ke-9 dari Serial Bumi, sekaligus lanjutan dari novel Selena. Pada akhir cerita atau epilog novel Selena, kalian akan bertemu dengan Raib, Ali, dan Seli. Yang ketika itu setting waktunya adalah masa sekarang, dimana Raib, Ali, dan Seli melihat lewat layar monitor bahwa Miss Selena sedang berada di dalam penjara, dan terus meminta maaf pada Raib. Mereka pun penasaran, sehingga memaksa Miss Selena untuk segera menceritakan apa yang terjadi. Sebab, mereka hanya bisa terhubung 12 jam sekali.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Miss Selena? Mengapa Miss Selena bisa sampai berada di penjara? Dan yang paling membuat penasaran adalah siapakah orang tua Raib sebenarnya?

Nah, di novel Nebula ini lah kalian akan menemukan jawabannya! Maka dari itu, sebelum membaca novel Nebula, sebaiknya kalian sudah terlebih dahulu membaca novel Selena. Karena novel ini saling berkaitan. Sekarang, saya akan menyajikan resensi dari novel Nebula :)

Selamat membaca!


Keterangan Buku

Judul: Nebula
Penulis: Tere Liye
Co-author: Diena Yashinta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Cetakan I, 2020
Cover: Orkha Creative
ISBN: 9786020639536
Digital ISBN: 9786020639543
Jumlah Halaman: 376 halaman
Dimensi Buku: 20 cm

Sinopsis

SELENA dan NEBULA adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orang tua Raib dalam serial petualangan dunia paralel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan.
Kedua buku ini juga bercerita tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan itu berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egoisme, dan pengkhianatan.
Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia paralel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia paralel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya.
Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran.

***

Ringkasan Isi Cerita

Di awal cerita kalian akan membaca kejadian kocak sekaligus nekat yang dilakukan oleh Selena, Mata, dan Tazk! Bagaimana tidak? Mereka bertiga terlambat naik kereta terbang dari Kota Tishri yang menuju kampus ABTT. Hal ini membuat mereka panik, karena mereka harus berada di kampus tepat waktu. Karena tidak ingin dihukum, Selena akhirnya menemukan sebuah ide nekat. Ia akan meminjam kereta terbangnya!

"Aku tiga tahun bekerja di konstruksi lorong-lorong kereta bawah tanah. Juga berinteraksi dengan petugas sistem transportasi Kota Tishri. Aku hafal stasiun Sentral ini. Di balik tembok peron-peron penumpang ini, ada peron khusus untuk memarkir ratusan gerbong cadangan. Kita bisa meminjam satu gerbong, membawanya ke Distrik Lembah Gajah." (halaman 26-27)

Wah, benar-benar nekat ya Selena 😂 Tidak sampai situ saja, saya juga dibuat ngakak oleh akting Mata dan Tazk! Kereta terbang X210579 yang mereka pinjam, ternyata ketahuan keluar dari jalur biasanya, mereka ketahuan petugas pengawas! Mereka pun panik, lagi-lagi Selena mempunyai ide konyol. Ia menyuruh Mata berakting sedang hamil, sedangkan Tazk berakting sebagai suami Mata. Bagian ini benar-benar membuat saya tertawa 😂 Tujuan Selena menyuruh mereka akting seperti itu karena ia terlanjur berbohong kepada petugas pengawas bahwa mereka akan ke rumah sakit bersalin.

Namun, karena sudah terlalu panik akhirnya Selena melakukan sebuah kesalahan yang membuat kereta terbang mereka jatuh, dan jatuhnya tepat di kampus ABTT! 😄

Tentu saja Master Ox mengomeli mereka dengan cara bicaranya yang khas😂, "Bulan sabit gompal! Apa kalian tidak punya cara lebih fantastis untuk datang ke kampus, heh? Membawa gerbong curian dari Stasiun Sentral Kota Tishri, itu terlalu receh buat kalian bertiga yang hebat. Mungkin lain kali kalian bisa menunggang naga dari Distrik Gunung-Gunung Terlarang." (halaman 39)

Oh iya, yang menarik di sini yaitu ada hewan-hewan yang tidak biasa, seperti: mamalia berkaki enam dan delapan, kalelawar dengan empat tanduk, kadal berpunuk, dan kupu-kupu bersayap empat. Selain itu, ada juga tumbuhan-tumbuhan yang menarik, seperti tumbuhan kanibal, kemudian ada si Penyanyi, tumbuhan eksotis dari Distrik Pulau Terpencil. Ada juga pohon yang terbalik.

"Aku menatap layar tablet yang menampilkan deskripsi pohon yang baru saja ku rekam. Bentuknya seperti tiang lurus, menjulang tinggi, tanpa cabang, apalagi daun. Dari deskripsi yang kubaca di layar, dahan-dahan tumbuhan ini ada di bagian bawah tanah. Akarnya justru yang muncul di atas tanah, berbentuk tiang itu. Terbalik dengan pohon-pohon lain. Pohon-pohon yang aneh." (halaman 69)

Nah selain itu, ada juga kucing yang tidak biasa. Sebenarnya ini hanya kucing seperti pada umumnya, bedanya adalah dia bisa menghilang. Warna bulunya hitam dan putih. Saya curiga jangan-jangan itu kucing milik Raib yaitu si Hitam dan Si Putih?🤔

***

Kehidupan di kampus berjalan seperti biasa. Bagian yang selalu menarik perhatian saya adalah ketika Selena, Mata, dan Tazk mengalahkan robot-robot ketika mata kuliah Teknik Bertarung Berlangsung. Mereka sangat kompak, Tazk memimpin formasi dengan baik. Padahal saya cuma baca, tapi ikut ngos-ngosan karena teknik bertarung mereka begitu hebat 😍

Berbeda dengan robot yang ada di novel Selena, robot di novel ini kekuatannya lebih besar lagi, robot yang bisa membelah diri menjadi empat benda terbang! Namun, karena Selena, Mata, dan Tazk memiliki kekuatan yang super luar biasa, mereka akhirnya bisa mengalahkan robot tersebut.
Misi-misi yang Selena jalankan masih terus berlanjut. Tamus terus memberikan sebuah misi kepada Selena.

Mata kuliah yang ada di sini juga sama dengan yang di novel Selena, tidak ada perubahan.

Mata kuliah umum:


1. Sejarah dan Catatan Lama
2. Bilangan, Struktur, Ruang, dan Perubahan
3. Bahasa-Bahasa Klan Bulan
4. Malam dan Misterinya
5. Hewan, Tumbuhan, dan Bukan Keduanya
6. Teknologi dan Rekayasa
7. Kimia dan Keindahan di Dalamnya
8. Non-Gaib
9. Memahami Masalah Sosial Dengan Ilmu Sosial
10. Teknik Bertarung

Mata kuliah tambahan seperti:

1. Bahasa-Bahasa Kuno
2. Seni dan Kepemimpinan
3. Tim dan Organisasi

Namun, di sini ada sedikit perbedaan, mata kuliah "Malam dan Misterinya" berubah menjadi "Siang dan Keramaiannya". Tetapi tidak lama setelah itu mata kuliah "Malam dan Misterinya" kembali diadakan.

***

Yang menarik: Jika di novel Selena kita menemukan nama-nama yang tidak asing, di novel Nebula kalian akan menemukannya juga. "Aku suka mata kuliah ini. Sejak bekerja untuk Paman Raf, aku memang menyukai teknologi dan rekayasa. Dosennya insinyur terkemuka di Klan Bulan, kami memanggilnya "Ing HBB" -- Ing maksudnya insinyur." (halaman 124)

Nah lihat kan? Namanya mirip salah satu tokoh inspiratif Indonesia 😍 Kalian pasti bisa menebaknya, hehehe.

Baca juga: Review Novel Matahari - Tere Liye

Berbicara tentang pengetahuan, walaupun novel Nebula ini genre fantasy, di sini juga terselip ilmu pengetahuan.

Beberapa pengetahuan lainnya yang terdapat di novel Nebula:

1. Tentang kerang hijau, ini terjadi ketika dosen mata kuliah Kimia dan Keindahan Didalamnya, yaitu Profesor Chem memberikan tugas kepada mahasiswanya untuk menjernihkan air yang keruh. Semua mahasiswa sudah mencoba menggunakan berbagai cara namun tidak kunjung berhasil. Hanya satu orang yang berhasil menjernihkan air keruh tersebut, dan itu adalah Selena. Ternyata ia hanya menggunakan kerang hijau untuk menjernihkan air, dan benar-benar berhasil. Profesor Chem pun sangat puas dengan hasil praktikum Selena.

2. Tentang gravitasi yang dijelaskan oleh dosen mata kuliah Non-Ghaib, yaitu Steph.

"Sejatinya, benda apa pun jatuh dengan kecepatan yang sama. Kalian bisa dimaafkan jika selama ini meyakini bola atau batu jatuh lebih cepat dibanding sehelai kapas. Karena memang demikian fakta yang terlihat. Hanya saja, kita melupakan faktor udara. Sehelai kapas jatuh lebih lambat karena ada udara yang memperlambat gerakannya. Sementara bola atau batu bisa dengan mudah melewati udara. Di ruang hampa udara, ketika variabel ini dihilangkan, semua benda jatuh dengan kecepatan yang sama, seperti yang baru saja kalian saksikan. Hanya gravitasi yang bekerja, dan dua benda tersebut mendapatkan gravitasi yang sama." (halaman 136)

3. Tentang bunga dan lebah yang dijelaskan oleh salah satu dosen mata kuliah Hewan, Tumbuhan, dan Bukan Keduanya, yaitu Flo.

"Ilmuan pada masa itu menerbangkan lebah di sisi bunga-bunga ini dan menemukan fakta bahwa persis di kelompok bunga tepat lebah terbang, produksi nektarnya naik lebih dari dua puluh persen. Kenapa itu bisa terjadi? Karena bunga-bunga ini bisa mendengar suara kepak sayap lebah. Bukan hanya itu, bunga-bunga ini bisa membedakan apakah itu sungguh kepak sayap lebah atau hanya kesiur angin, atau suara-suara lain." (halaman 145)


***

Sedikit perbedaan: Berbeda dengan novel Selena, kali ini Raib, Seli, dan Ali muncul di tengah-tengah episode. Kembali ke masa sekarang. Namun kemunculan mereka hanya sebentar. Ali mendesak Miss Selena untuk segera melanjutkan ceritanya karena waktu mereka hanya tinggal sedikit. Setelah itu, ceritanya kembali ke masa lalu. Masa-masa Miss Selena berpetualang ke Klan Nebula.

Yang perlu kalian tahu, Tamus terus memberikan Selena sebuah misi, misi berbahaya. Ia menyuruh Selena menemukan Cawan Keabadian.

Apa sih Cawan Keabadian itu? Dan bagaimana cara Selena menemukan Cawan Keabadian tersebut? Temukan jawabannya di novel Nebula ini, ya!🖤

Hal menarik lainnya dari novel Nebula:

1. Selain nama Ing HBB, di sini kalian akan menemukan kata scriptie, mungkin ini plesetan dari kata skripsi, hehehe. Karena di sini dijelaskan bahwa scriptie merupakan tugas akhir mereka di kampus ABTT. Selain itu, jika kita mengenal kata KKN, maka di novel Nebula ini Selena dan teman-temannya juga menjalani KKN, namanya Proyek Tugas Akhir.

Selena, Mata, dan Tazk menjalani Proyek Tugas Akhir di sebuah tempat yang nantinya akan menjadi portal mereka menuju ke Klan Nebula.

2. Peraturan nomor 101 yang ada di ABTT. Apa itu peraturan nomor 101? Jadi di ABTT melarang mahasiswanya memiliki hubungan asmara atau percintaan hingga lulus kuliah, dengan tujuan agar para mahasiswa lebih fokus dengan studi atau kuliahnya, dan dapat mempertahankan serta meningkatkan nilai mereka. Yang nantinya juga akan berimbas pada pretasi  dan reputasi kampus ABTT.

Menurut saya ini langkah yang bagus 😁 Seperti yang kita tahu, kebanyakan jika kita sudah terjebak dalam hubungan asmara alias pacaran, fokus kita akan terbagi. Kita tidak lagi sepenuhnya fokus dengan kuliah, sehingga terkadang membuat nilai-nilai kita turun.

3. Selain menggunakan nama yang mirip dengan Eyang Habibi, ternyata karakter beliau juga diselipkan didalam cerita 😍 Ing HBB diceritakan sebagai dosen mata kuliah Teknologi dan Rekayasa. Seperti yang kita tahu keahlian Eyang Habibi yaitu di bidang teknologi. Nggak habis pikir, penulisnya kok bisa dapat ide keren seperti ini 😍

Ini salah satu dialog ketika Ing HBB mengisi mata kuliah Teknologi dan Rekayasa, "Itu semua karena Distrik Tanah Genting merupakan sumber terbaik material konduktor penghantar panas. Di dasar laut sekitar mereka, deposit material ini berlimpah." (halaman 124)

4. Ada kisah cinta segitiga antara Selena, Mata, dan Tazk. Sebenarnya apa yang terjadi diantara mereka bertiga? Oh iya, sebagai pelengkap, cerita asmara Boh dan Ev juga tidak kalah menarik, loh 😁

5. Dari novel Selana dan Nebula, bahkan dari novel sebelumnya juga, karakter Bibi Gill adalah favorit saya. Saya selalu excited  bagian ketika Bibi Gill mengajari atau pun menasihati Selena. Setiap perkataan yang diucapkannya sangat bijak dan mengagumkan. Saya juga sangat penasaran dengan masa lalu Bibi Gill. Ada hubungan apa ia dengan Kakek Tazk? Dan apa yang terjadi di masa lalu?

6. Terdapat kalimat yang unik, seperti:

"Memahami Sifat Halu Pada Orang Yang Suka Pamer." (halaman 45)

"Dia semakin tinggi saja. Baguslah, dia tumbuh ke atas, bukan ke samping." (halaman 108)

Saya tertawa membaca bagian ini, kalimatnya seperti tidak asing bukan dengan iklan susu terkenal yang sering kita dengar? 😁

Konflik Cerita

Setelah Selena, Mata, dan Tazk sampai di Klan Nebula, di sini lah klimaks ceritanya. Adanya konflik antar sahabat, pertarungan melawan raksasa, Tamus, dan para pengikutnya menjadikan novel ini semakin seru.

Di Klan Nebula kalian juga akan menemukan tokoh-tokoh baru. Seperti Lumpu, Kosong, Lambat, dan Repot. (Iya namanya emang lucu-lucu ya😂)

Tapi jangan salah, dibalik nama mereka itu, ternyata menggambarkan teknik bertarung yang mereka miliki. Seperti Kosong, ia memiliki teknik kekosongan, "Dia menggunakan teknik miliknya yang sangat khas, sesuai namanya, yaitu teknik kekosongan. Dia membuat sekitar kami benar-benar kosong. Tidak ada udara, tidak ada apa pun." (halaman 326)

Begitu juga dengan Lumpu, Lambat, dan Repot. Kalian baca sendiri ya di novelnya, saya nggak mau spoiler lebih banyak lagi, biar kalian penasaran! Hehehe. Dijamin deh, ceritanya seru banget!😍

Hal yang menarik adalah bahasa Klan Nebula. Mereka hanya berbicara "He-Oh! He-Oh! He-Oh!" Pada bagian ini saya dibuat tertawa oleh Tazk yang berusaha berbicara dengan mereka padahal mereka tidak akan paham bahasa Klan Bulan!😂

Membahas tentang teknologi, di Klan Nebula memiliki teknologi yang tidak kalah canggih. Bedanya, masyarakat di Klan Nebula memilih hidup sederhana dan damai. Kehidupan mereka lebih seperti hidup di desa atau perkampungan. Walaupun begitu, mereka hidup rukun satu sama lain dan bersahaja.

"Sepertinya aku mendapat pemahaman baru di Klan ini. Melihat kehidupan dan kesederhanaan mereka. Lihatlah, Selena, mereka datang dari Klan dengan teknologi paling maju di dunia paralel, tapi 'merayakan' kehidupan dengan bersahaja. Mereka menyayangi kehidupan, menghormati alam sekitar, dan seperti sungai jernih yang indah, mereka mengalir anggun melewati hari demi hari. Tanpa peduli kapan siang datang, kapan malam menjelang." (halaman 293)

Moment Terbaik

Menurut saya, moment terbaiknya adalah ketika Mata berusaha ingin menyelamatkan Selena saat bertarung di Klan Nebula. "Kamu adalah teman terbaikku, Selena. Kamu adalah saudaraku, tidak ada yang boleh menyakitimu. Aku tidak akan pernah membiarkannya." (halaman 350)

Duh, bagian ini sedihnya bukan main!😭

***

Nah, jadi bagaimanakah nasib petualangan Selena, Mata, dan Tazk di Klan Nebula? Konflik apa yang sebenarnya terjadi di antara 3 orang sahabat itu? Berhasilkah Tamus megambil Cawan Keabadian?

Dan..... Siapakah orangtua Raib?

Untuk yang kesekian kalinya saya mengatakan TEMUKAN JAWABANNYA di novel NEBULA, ya! Kalian nggak akan bosan kok membacanya, karena berisi petualangan-petualangan seru yang penuh kejutan di setiap ceritanya! Pertarungan melawan sosok jahat demi menyelamatkan dunia ini membuat Serial Bumi sangat disukai banyak orang✨

Bagi kalian yang suka genre fantasi, saya sangat merekomendasikan Serial Bumi ini! Dan jangan lupa dua novel ini saling berkaitan satu sama lain, jadi kalian harus membaca dari novel Selena dahulu, ya 💚

***


Oh iya, setelah membaca novel Nebula sampai habis, ada kejutan dong di akhir cerita😁 Jika kalian mengira petualangan Serial Bumi akan berakhir di sini, kalian salah besar!! Karena... setelah Nebula ini akan ada novel LUMPU 😍 Siapakah Lumpu itu? Kalian akan berkenalan dengannya pada bagian ketika Selena, Mata, dan Tazk berada di Klan Nebula.

Ia memiliki teknik yang sangat mengerikan, yaitu Teknik Melumpuhkan! Ia bisa mengambil teknik bertarung lawannya. Wah, makin penasaran! Memang nggak ada tandingannya nih Serial Bumi 😂 Selain Lumpu, akan ada novel selanjutnya yaitu  PROXIMA CENTAURI (spinn off cerita ST4R dan SP4RK), serta SI PUTIH (spin off hewan-hewan dunia paralel). Ditunggu bang Tere cerita kerennya!!😍

***

Moral value dari novel Nebula:

1. sebenarnya, setelah membaca novel ini saya mendapatkan nilai-nilai dari persahabatan Selena, Mata, dan Tazk. Ketulusan. Pengorbanan. Arti sahabat sejati. Jangan pernah khianati sahabat baik kalian, karena bisa dikatakan bahwa sahabat adalah saudara kita yang tidak sedarah. Kekompakan, saling percaya, dan tidak saling mengkhianati adalah sebuah kunci.

2. Kita seperti diajak untuk sering-sering membaca buku. Seperti hari khusus yang diterapkan oleh kampus ABTT "Aku Cinta Perpustakaan", yang mewajibkan mahasiswanya mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku, membuat esai, karya tulis ilmiah, dan lain-lain. Keren sekali bukan? Wah, jika di Klan Bulan mereka sangat rajin membaca dan menghabiskan waktu di perpustakaan, masa kita kalah? Hehehe

3. Lebih fokus belajar daripada pacaran! Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, peraturan 101 kampus ABTT merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi mahasiswanya, yaitu dengan melarang mereka menjalin asmara alias pacaran. Sehingga mahasiswa lebih fokus untuk studinya.

4. Saling memaafkan. Hal ini seperti yang dilakukan Mata, Tazk, dan Kosong. Walaupun Selena melakukan sebuah kesalahan besar saat di Klan Nebula, dan bahkan sempat mengkhianati Mata dan Tazk, mereka tidak marah dan tetap memaafkan apa yang telah dilakukan Selena. Ia pun sangat menyesal telah melakukan kesalahan besar tetapi sahabatnya tidak marah dan justru memaafkannya.

5. Penyesalan Selena ditebus dengan suatu kebaikan. Karena merasa sangat bersalah dengan Mata dan Tazk, ia membantu dan menolong mereka menyelamatkan diri. Kemudian saling membantu untuk bertahan hidup. Miss Selena juga menyatukan Raib, Ali, dan Seli untuk berpetualang ke dunia paralel.

***

Kelebihan dari novel Nebula:

1. Cover, sama seperti novel Selena menurut saya cover yang dibuat oleh Orkha Creative ini sangat bagus. Pemilihan warnanya juga keren, warna hitam membuatnya terlihat elegan. Selain itu, ada makna dibalik gambar yang ada di cover novel ini. Seperti gambar Cawan Keabadian, karena di sinilah letak pertarungan yang sesungguhnya. Merebut Cawan Keabadian di Klan Nebula. Ada juga gambar ngeleputur, kapsul terbang, dan ada juga gerbang untuk membuka Klan Bulan. Yang menarik, juga ada ilustrasi gunung. Sepertinya ini tempat yang dideskripsikan ketika Selena, Mata, dan Tazk mencari Klan Nebula.

"Delapan gunung yang mengitari lembah di atas jantung terdalam Distrik Sungai-Sungai Jauh. Delapan sungai mengalir dari lereng-lereng gunung, bertemu di tengah, di sebuah danau." (halaman 248)


Sebelum Novel Nebula ini terbit, tim Tere Liye membuat voting untuk cover Nebula di instagram @tereliyewriter, dan yang terpilih adalah cover nomor 1 🖤


2. Isi cerita, tentu saja Tere Liye dan co-author-nya selalu menyajikam cerita-cerita yang luar biasa. Konsep dan jalan ceritanya sangat bagus, di setiap kisahnya ada kejutan tersendiri. Hal ini lah yang membuat saya penasaran dengan kisah selanjutnya.

3. Co-author, salut banget sama setiap co-author-nya Tere Liye! Gaya bahasa dan cara menyampaikan ceritanya mirip sekali dengan Tere Liye. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas dan skill dari setiap co-author-nya sangat luar biasa🖤

4. Diselipkan ilmu pengetahuan, walaupun ini adalah novel fantasy, penulis tetap menyisipkan beberapa ilmu pengetahuan. Ini lah yang saya suka dari setiap novel karya Tere Liye🖤

5. Terdapat nama-nama menarik yang tidak asing, seperti: Ing HBB, scriptie, KKN

7. Novel ini cocok dibaca untuk semua kalangan, karena cerita yang disajikan begitu seru, penggunaan bahasanya juga mudah dipahami oleh semua orang. Jika kalian menyikai Film Harry Potter, maka Serial Bumi mirip sekali dengan film tersebut! Kebayang kan serunya? Hehehe

8. Selalu ada penjelasan ilmiah dari suatu nama atau kejadian. Contohnya seperti arti nama Distrik Lembah Gajah, "Gajah adalah hewan yang daya ingatnya paling kuat.... Itu lah kenapa Akademi Bayangan didirikan di tempat ini, agar petarung-petarung terbaik Klan Bulan mengingat tempat kembalinya, sumber mata air pengetahuan yang mereka miliki." (halaman 216)

9. Ada bonus cerita di akhir episode, dimana kita akan bertemu lagi dengan Raib, Seli, Ali, Miss Selena, dan Master B (Batozar)

10. Terdapat beberapa bahasa gaul, seperti receh, baper, halu, dan galau.

***

Beberapa kalimat yang saya suka dari novel ini:

1. "Aku lebih suka menghabiskan sisa umurku di Akademi. Aku tidak mau lagi mengotori tanganku. Cukup sudah kesedihan, kehilangan, dan semua itu. Kamu tahu, Selena, aku harus membunuh separuh jiwaku, juga separuh fisikku agar bisa keluar dari lingkaran terkutuk itu. Mahal sekali harganya." - Bibi Gill (halaman 156)

2. "Dunia ini terkadang tidak terlihat hitam putih seperti yang kita inginkan. Dan dalam ambisi kekuatan, intrik, pertempuran, kita bisa saja tertipu oleh warna asli sesuatu. Bahkan warna diri sendiri pun bisa menipu. Gelap mata. Gelap hati. Aku tidak tahu pelajaran apa yang menunggumu di depan sana. Mungkin pelajaran menyakitkan. Pengintai diajari menyelinap, memuka gembok, menyamar, dan semua teknik kegelapan lainnya. Tapi malam ini kita tahu, kamu punya teknik lain, Selena. Kemampuan menemukan hal-hal istimewa di sekitarmu, yaitu teknik terang." - Bibi Gill (halaman 167)

3. "Kita selalu bisa memutuskan apakah ingin mengenang seseorang dari sisi yang baik atau yang buruk. Suatu saat aku mengenang ladang jagung keluargaku, mengenang orangtuaku. Aku akan memilih kenangan yang baik." - Selena (halaman 176)

4. "Tapi ada satu hal yang berbeda darimu, dan semoga itu membuat jalan hidupmu juga berbeda. Kamu memiliki teman. Teman-teman terbaik. Ah, di dunia ini, teman sejati adalah harta karun terbaik." - Bibi Gill (halaman 215)

5. "Gajah adalah hewan yang daya ingatnya paling kuat. Penelitian membuktikan, gajah bisa mengingat sumber air yang pernah ia datangi tiga puluh tahun lalu. Saat kembali, berpuluh tahun berlalu, dia ingat lokasinya. Itu lah kenapa Akademi Bayangan didirikan di tempat ini, agar petarung-petarung terbaik Klan Bulan mengingat tempat kembalinya, sumber mata air pengetahuan yang mereka miliki. Agar mahasiswa-mahasiswa Akademi Bayangan mengingat tempatnya menimba ilmu, hari-hari yang menyenangkan, pemahaman-pemahaman baik." - Bibi Gill (halaman 216)

6. "Aku selalu meyakini, semakin gelap sesuatu—karena kegelapan menyelimutinya—maka sejatinya, hanya soal waktu cahaya terang menyinarinya. Dan sebaliknya, semakin terang sesuatu, juga akan semakin gelap bayangan yang terbentuk." - Ox (halaman 230)

7. "Aku tidak tahu apa yang terjadi besok lusa, termasuk apa yang terjadi padamu, Selena. Tapi aku percaya akan ada kebaikan yang kamu lakukan. Bahkan saay naluri pengintai hebat Gill meragukanmu, aku tetap percaya." - Ox (halaman 230)

8. Besok lusa kamu akan paham, Selena. Dunia ini terkadang tidak terlihat hitam putih seperti yang kita inginkan.

9. "Kamu adalah teman terbaikku, Selena. Kamu adalah saudaraku, tidak ada yang boleh menyakitimu. Aku tidak akan pernah membiarkannya." - Mata (halaman 350)

10. "Kamu tidak perlu meminta maaf, Selena. Kamu sahabat terbaikku. Hanya sahabat sejati yang bisa bersama-sama melewati petualangan di Klan Nebula." - Mata (halaman 362)

***


Harapan saya untuk Serial Bumi adalah saya ingin sekali serial ini diangkat menjadi film, saya pernah membuat sebuah tweet di twitter, bahwa saya sangat berharap serial ini dijadikan film, dan kalau bisa yang memproduksi itu dari luar negeri, agar kualitasnya bagus, mirip Harry Potter atau Avengers, hehehe. Dan ternyata banyak sekali yang merespon setuju, ada ratusan orang yang mengatakan bahwa mereka juga ingin serial ini diangkat menjadi film! Kita tunggu saja kabar baiknya ya, hehehe 😄 Karena tim Tere Liye juga sedang berusaha menerjemahkan serial ini ke dalam bahasa inggris. Yang sudah ada versi bahasa inggrisnya adalah: EARTH, MOON, dan SUN.

***




pict: @bukkuid

Oh iya, kalian bisa dapatkan novel Selena dan Nebula ini di toko buku Gramedia yang ada di kota kalian ya! Lewat shopee atau lewat web juga bisa.

Shopee: Gramedia Official
Website: www.gramedia.com

Nah, untuk Serial Bumi ini sangat-sangat saya rekomendasikan untuk dibaca ⭐⭐⭐⭐⭐

Sebuah pesan dari Tere Liye yang selalu saya ingat adalah jika ingin menjadi penulis yang baik, maka kuncinya adalah latihan. Teruslah menulis. Walaupun hanya satu kalimat, satu kata, atau bahkan satu huruf, tetap lah menulis. Karena hanya dengan mempraktikannya lah kemampuan menulis kita benar-benar terasah. Untuk itu lah saya mencoba terus menulis, walaupun baru mencoba menulis review atau resensi buku, hehe. Tapi saya bahagia karena saya sudah mencoba menulisnya dengan baik 😊 Terima kasih Bang Tere atas motivasinya! Kalian juga harus mencobanya 💚

***

Baca juga review Serial Bumi lainnya di sini:

1. Bumi
2. Bulan
5. Ceros dan Batozar
6. Komet
7. Komet Minor

***

Berikut buku-buku Tere Liye yang sudah saya baca berdasarkan genrenya:

1. Genre fantasy:
Bumi
Bulan
Matahari
- Bintang
- Ceros dan Batozar
- Komet
- Komet Minor
- Selena
- Nebula

2. Genre romance:
- Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin
- Sepotong Hati Yang Baru
Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah
Berjuta Rasanya
- Sunset & Rosie

3. Genre action:
- Pulang
- Pergi

4. Genre science fiction:
Hujan

5. Genre biography:
- Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
Tentang Kamu

6. Genre keluarga:
Si Anak Kuat
- Si Anak Spesial
- Si Anak Pintar
- Si Anak Pemberani
- Si Anak Cahaya
Si Anak Badai
- Bidadari-Bidadari Surga

7. Genre economy and politic:
Negeri Para Bedebah
- Negeri Di Ujung Tanduk

8. Genre sejarah:
RINDU

***
Follow me on:

Komentar

  1. Informasi nya lengkap euy ☺

    BalasHapus
  2. manteep, penjelasannya panjang dan lengkap, jadi pengen baca bukunya :)

    BalasHapus
  3. Bagus, keren euy informasinya lengkap 😭

    BalasHapus
  4. Ternyata ufah ada lanjutannya yah serial bumi? Waah saya ketinggalan berarti 😭😭 cuss otw bacaaaa, makasiih mba resensinya. Keren!!! 👏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku: Si Anak Kuat Karya Tere Liye

Review Buku: Novel RINDU Karya Tere Liye

Review Buku: Kamu Berhak Bahagia - Chatreen Moko