Review Buku: Kamu Berhak Bahagia - Chatreen Moko

Kamu Berhak Bahagia. Merupakan buku self improvement karya Chatreen Moko,  salah satu seseorang yang lahir dan tumbuh di tengah keluarga yang "tidak sehat". Hal ini lah yang memotivasi Moko membentuk Be Home di berbagai kanal media sosial sejak Oktober 2012.

Apa sih Be Home itu? Be Home adalah sebuah wadah yang dibuat oleh Moko sebagai tempat untuk teman-teman broken home menemukan arti "pulang" saat rumah tidak lagi menjadi tempat yang nyaman dan aman. Buku ini berisi beberapa kisah mereka yang pernah mengalami broken home.


Keterangan Buku

Judul: Kamu Berhak Bahagia
Penulis: Chatreen Moko (BehomeID)
Penerbit: Romancious
Tahun Terbit: Cetakan I, 2019
ISBN: 978-623-7211-44-0
Jumlah Halaman: 200 halaman
Dimensi Buku: 13 x 19 cm

Sinopsis

"Pernah gak kamu merasakan jatuh sejatuh-jatuhnya, hancur sehancur-hancurnya, dan sedih sesedih-sedihnya? Terlebih kamu mendapatkan predikat sebagai anak broken home. INGAT! Tuhan gak pernah tidur. Jadi, mulai sekarang, yakinkan dirimu bahwa kamu bisa sukses. Yang terpenting, KAMU BERHAK BAHAGIA.

Mulai sekarang, berdamailah dengan hatimu dan masa lalumu. Sebab, hidup bukan melulu tentang masalahmu atau masa lalumu saja. Tapi, lebih luas dari itu. Kamu hanya perlu membuktikan bahwa dalam keterpurukan sekali pun, kamu tetap berhak untuk bahagia. Karena bahagia, hak semua orang. Dan itu, kamu yang ciptakan sendiri. Namun, jika kamu memang benar-benar belum mengerti, mari duduk sejenak, akan kubuat kamu paham bahwa kita semua berhak bahagia, lewat buku ini."

***

Kehilangan "rumah" adalah satu hal yang memilukan. Namun, bukan berarti tidak menyenangkan. Pahami, ada hal-hal di muka bumi yang berada di luar kendali kita. Satu hal yang pasti adalah, kita tetap layak untuk berbahagia, serumit apa pun situasinya. (halaman 12)

Buku ini berisi kisah-kisah mereka yang  pernah mengalami broken home. Entah itu ditinggal pergi oleh Ayah atau Ibu mereka, atau karen kehilangan karena kematian orang tua, yang kita semua tahu bahwa dengan perginya orang tua, dunia ini seperti berhenti berputar. Tidak ada yang mengayomi, tidak ada yang memberi kasih sayang dengan sepenuh hati, dan tidak ada lagi yang benar-benar tulus menjaga dan merawat kita.

Apalagi bagi mereka yang sudah ditinggalkan sejak masih bayi, hal itu lebih menyakitkan lagi. Tapi bagi kalian yang tetap dan terus bertahan hingga saat ini, kalian hebat. Kalian luar biasa. Mungkin tidak semua orang memiliki hati yang kuat seperti kalian. Tapi di atas semua penderitaan tersebut, kalian memilih bangkit dan bertahan.

***

Di dalam buku ini, selain bercerita tentang apa yang mereka alami, mereka -yang pernah mengalami broken home- juga menceritakan bagaimana mereka bisa melalui semua penderitaan itu dan bangkit dari keterpurukan.

Di setiap akhir cerita, Moko menyelipkan sebuah kalimat motivasi yang berhubungan dengan kisah yang telah mereka ceritakan.

Moko ingin meyakinkan mereka yang senasib, bahwa masa depan masih begitu nyata meski harus berjalan tertatih karena keberadaan keluarga yang tidak utuh.

Buku ini dikerjakan dengan sangat sungguh-sungguh demi mencapai sebuah tujuan yang pasti, yaitu kebahagiaan.

#karenakebahagiaanhaksemuaorang

Beberapa hal di buku ini mengandung hal menyedihkan, namun selalu ada hal-hal membahagiakan yang bisa dipetik dari setiap kalimat yang terangkai. (halaman 196)



Salah satu quotes yang saya suka dari buku ini:

Ada yang bilang, kehilangan adalah
bagian terpahit dalam hidup.
Apalagi, jika kita kehilangan
orang yang begitu berharga dalam hidup ini.

Semua terasa seperti terowongan gelap,
tak berujung, tak ada jalan keluar.
Tapi, bagaimana jika kita tidak
mengalami banyak duka?
Bagaimana jika kehilangan
tidak pernah menghampiri kita?
Apakah kita akan seikhlas dan setabah hari ini?
Apakah kita akan kuat berdiri tegak seperti hari ini?

Ingatlah, bahwa luka dari rasa kehilangan adalah faktor terbesar yang membuat
kita bisa tetap tegar hingga saat ini.
Maka dari itu, mari dengan lantang kita ucapkan,

"Teruntuk masa lalu,
dan hidup yang luar biasa,
terima kasih."

***

Baca juga review buku lainnya di sini:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku: Si Anak Kuat Karya Tere Liye

Review Buku: Novel RINDU Karya Tere Liye