Review Buku: Novel Bumi Karya Tere Liye

BUMI. Sebuah novel karya Tere Liye dengan genre fantasy yang juga merupakan novel pertama dari SERIAL BUMI. Novel ini mengisahkan tentang petualangan Raib, Ali, Seli mengunjungi berbagai Klan. Jika kalian pernah menonton film Harry Potter, maka novel ini mirip seperti film tersebut. Jujur, serial bumi ini sangat keren menurut saya.  Mulai dari nama tokoh, konsep, dan dan jalan ceritanya sangat bagus. Tere Liye memang selalu punya ide-ide brilian dalam menulis novel๐Ÿ’™ Di novel ini, kita seperti diajak berpetualang mengunjungi Klan lainnya selain Klan Bumi.


Keterangan Buku

Judul: Bumi
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-0112-9
Jumlah Halaman: 440 hlm

Sinopsis

"Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas 10. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan Papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak. Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan. Namaku, Raib. Dan aku bisa menghilang."

***

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, novel ini menceritakan tentang petualangan Raib dan dua sahabatnya, yaitu Ali dan Seli. Masing-masing mereka memiliki kekuatan super yang menakjubkan.

RAIB. Seorang gadis remaja berusia 15 tahun. Ia adalah anak tunggal. Suka membaca dan mempunyai dua ekor kucing, Si Putih dan Si Hitam. Raib bukan anak yang populer di sekolah, ia hanya murid biasa, nilainya pun standar, namun ia sangat menyukai pelajaran bahasa indonesia.

Bisa dibilang, Raib ini adalah anak yang pemalu, ia terbiasa menyendiri dan hanya memperhatikan sekitar. Namun, Raib adalah anak yang berbeda. Ia mempunyai sebuah kekuatan yang tidak dimiliki orang lain, yaitu menghilang. Iya, Raib bisa menghilang. Dia sudah mengetahui hal ini sejak kecil, namun orang tua dan teman-temannya tidak mengetahui hal ini. Raib bisa menghilang hanya dengan menutup wajahnya menggunakan kedua telapak tangannya, dan ia akan terlihat kembali ketika ia membuka telapak tangannya.

Di usia Raib saat 15 tahun ini, kejadian demi kejadian aneh mulai bermunculan, yang akhirnya akan mengungkapkan siapa Raib sebenarnya.

SELI. Merupakan sahabat Raib, ia juga memiliki kekuatan super, yaitu bisa mengeluarkan dan menahan sengatan listrik. Seli juga bisa menggerakkan benda-benda kecil tanpa menyentuhnya. Hal ini juga masih menjadi rahasia Seli selama 15 tahun.

ALI. Satu kelas dengan Raib dan Seli. Remaja lelaki ini sebenanrnya murid yang jenius, namun karena kemalasannya, ia sering dianggap anak nakal dan paling pemalas. Ali adalah orang yang pertama kali mengetahui kekuatan Raib. Pada saat Raib sedang dihukum oleh Miss Keriting karena tidak membawa buku PR Matematikanya, ia disruh menunggu diluar kelas sampai pelajaran selesai. Saat Raib sedang mengamati hujan dan menutup wajah dengan kedua telapak tangannya untuk menghilang, tiba-tiba ada sesuatu yang mengejutkan sehingga Raib membuka kedua tangannya, yang membuat dirinya terlihat kembali.

Ali yang saat itu berada di lorong kelas, melihat dengan jelas apa yang dilakukan Raib. Dari sinilah Ali mengetahui rahasia kekuatan super Raib. Mulai saat itu ia terus membuntuti Raib untuk menjelaskan mengapa dirinya bisa menghilang.

Raib, Seli, dan Ali semakin lama semakin dekat. Ada satu kejadian yang akhirnya membawa mereka bertiga ke Klan Bulan. Dunia klan bulan sangat berbeda, di sana teknologi sudah sangat canggih. Mereka membuat sebagian peradabannya berada di bawah tanah agar tidak merusak lingkungan, dan hanya orang-orang kaya lah yang bisa tinggal di atas permukaan. Rumah di Klan Bulan juga unik, yaitu rumah beton berbentuk balon. Pakaian di sana juga unik, yaitu pakaian yang bisa menyesuaikan dengan ukuran tubuh si pemakai.

Transportasi di Klan Bulan juga sangat maju, yaitu transportasi dengan portal dan kapsul kereta yang rangkaiannya seperti jaringan pernapasan manusia. Selain itu, makanan di Klan Bulan juga berbeda. Makanannya bebentuk bubur hitam, yang kelihatannya sangat tidak enak, padahal rasanya begitu enak karena bisa menyesuaikan dengan rasa makanan yang sedang ingin kita makan.

Baca juga: Review Novel BULAN - Tere Liye

Di Klan Bulan, Raib, Seli, dan Ali bertemu dengan seseorang bernama Ilo, Av, dan yang lainnya. Hingga pada suatu saat Klan Bulan mengalami kerusuhan. Kota Tishri, tempat mereka tinggal telah diserang oleh Tamus. Sehingga Raib, Seli, dan Ali terjebak di Klan Bulan, mereka tidak dapat kembali ke Klan Bumi. Dari sinilah petualangan mereka di Klan Bulan dimulai.

***

Pasti kalian penasaran kan bagaimana kelanjutan ceritanya dan bagaimana kehidupan mereka di Klan Bumi dan Klan Bulan? ๐Ÿ˜„ Saya sangat merekomendasikan Serial Bumi ini. Terutama bagi kalian yang suka cerita tentang petualangan. Novel ini cocok dibaca untuk semua kalangan, loh.

Pertama kali membaca novel ini, saya langsung jatuh cinta. Ceritanya mirip dengan film Harry Potter. Apalagi kehidupan di Klan Bulan dengan teknologi yang lebih canggih dan maju dari Bumi. Banyak yang menginginkan Serial Bumi ini dijadikan film, Tere Liye juga setuju. Namun kita tunggu saja kabar baiknya, tim Tere Liye juga sedang menerjemahkan serial ini ke bahasa inggris.

Sudah ada tiga novel yang diterjemahkan, yaitu Earth, Moon, dan Sun. Dengan harapan siapa tau ada perfilman luar negeri yang melirik cerita dari novel ini dan bersedia membuatnya, hehehe.

Oh iya, menurut saya Tere Liye tidak pernah kehabisan ide-ide cemerlangnya. Selalu ada konsep dan cerita yang berbeda. Hal inilah yang membuat saya selalu jatuh cinta dengan karya-karyanya ๐Ÿ’™

Bagi kalian yang belum baca serial ini, saya sangat merekomendasikan untuk membacanya. Kalian akan diajak Raib, Seli, dan Ali berpetualang ke Klan lainnya!

***

Berikut buku-buku Tere Liye yang sudah saya baca berdasarkan genrenya:

1. Genre fantasy:
Bumi
- Bulan
- Matahari
- Bintang
- Ceros dan Batozar
- Komet
- Komet Minor
Selena
Nebula

2. Genre romance:
- Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin
- Sepotong Hati Yang Baru
Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah
Berjuta Rasanya

3. Genre action:
- Pulang
- Pergi

4. Genre science fiction:
Hujan

5. Genre biography:
- Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
Tentang Kamu

6. Genre keluarga:
Si Anak Kuat
- Si Anak Spesial
- Si Anak Pintar
- Si Anak Pemberani
- Si Anak Cahaya
Si Anak Badai
- Bidadari-Bidadari Surga

7. Genre economy and politic:
Negeri Para Bedebah
- Negeri Di Ujung Tanduk

8. Genre sejarah:
RINDU

***
Follow me on:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku: Si Anak Kuat Karya Tere Liye

Review Buku: Novel RINDU Karya Tere Liye

Review Buku: Kamu Berhak Bahagia - Chatreen Moko